7 Tempat Wisata Kuliner Halal di Bali yg Wajib Dikunjungi

4.5/5 - (4 votes)

Bali tak diragukan lagi merupakan destinasi liburan favorit para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Tidak hanya cocok untuk honeymoon bersama pasangan, Bali juga merupakan tempat yang ramah untuk dikunjungi bareng keluarga atau teman-teman terdekat. Bagi Anda penyuka wisata dengan pemandangan pantai, danau, hutan, atau bahkan pegunungan, semuanya tersedia di Bali. Destinasi wisata kelas dunia yang berjuluk Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura ini bahkan menawarkan beragam budaya unik yang tak bisa Anda ditemukan di tempat lainnya. Selain berbagai tempat wisata dan budaya, wisata kuliner khas Bali juga wajib banget dikunjungi karena pastinya menggugah selera dan punya cita rasa yang lezat.

PHOTO 1

Yup, liburan ke Bali pastinya tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Wisata kuliner adalah salah satu yang paling direkomendasikan di Bali karena akan menambah pengalaman liburan yang menyenangkan. Namun bagi Anda yang merupakan wisatawan Muslim, pastinya gampang-gampang susah menemukan wisata kuliner halal di Bali. Pasalnya, rumah makan terkenal kerap menyajikan berbagai makanan olahan dari babi yang tidak bisa disantap umat Muslim. Meski demikian, kini Anda tak perlu khawatir lagi karena sebenarnya masih ada banyak wisata kuliner yang enak dan halal di Bali yang wajib Anda cicipi. Penasaran apa saja? Mari kita intip beberapa daftar wisata kuliner halal di Bali yang recommended di bawah ini!

1. Bebek Bengil

Photo Bebek Bengil

Bebek Bengil adalah salah satu wisata kuliner halal di Bali yang wajib dikunjungi. Meski sekarang mereka sudah punya outlet di Jakarta, pasti Anda tak ingin melewatkan untuk bersantap bebek goreng krispi di tengah pemandangan pematang sawah Ubud atau pasir putih Nusa Dua yang indah. Restoran ini memang pelopor menu Crispy Duck jadi nggak heran kalau wisata kuliner hits di Bali ini tak pernah sepi pengunjung.

2. Ayam Betutu Ibu Nia

Photo Ayam Betutu Ibu Nia

Ayam betutu adalah salah satu makanan khas Bali yang wajib banget dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata. Itulah alasan kenapa Ayam Betutu Ibu Nia wajib dicoba karena ini merupakan kuliner khas Bali yang tidak hanya enak, tapi juga halal. Apalagi Ayam Betutu Ibu Nia memang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI Bali dan sertifikat laik hygiene dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Denpasar. Rumah makan yang merupakan wisata kuliner hits di Bali ini mampu menampung sebanyak 40 hingga 50 orang dan terletak di kawasan Renon dan Sidakarya yang strategis. Ayam Betutu Ibu Nia juga hadir dengan produk ayam betutu frozen yang bisa dijadikan oleh-oleh.

3. Warung Mak Beng

Photo Warung Mak Beng

Wisata kuliner halal di Bali yang satu ini sudah sangat tersohor dan legendaris di kalangan wisatawan domestik atau mancanegara. Warung Mak Beng sudah berdiri sejak tahun 1941 jadi nggak heran kalau racikan menunya sangat berkesan dan begitu menggoyang lidah. Dengan seporsi nasi putih hangat yang dipadukan dengan ikan laut goreng, sup kepala ikan, dan sambal yang pedas, pengunjung ketagihan dan terus memadati rumah makan yang terletak di dekat Pantai Sanur ini.

4. Warung Men Weti

Photo Warung Men Weti

Sudah berdiri sejak tahun 1970-an, pengunjung masih rela antre di Warung Men Weti hingga kini. Bukan hal yang mengherankan karena nasi campur khas Bali di sini yang terdiri dari sate lilit, telur balado, kulit ayam goreng, ayam suwir dan lainnya memang sangat menggoyang lidah. Apalagi lokasinya juga tidak begitu jauh dari Warung Mak Beng, yakni di sekitaran Pantai Sindhu, Sanur yang strategis.

5. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Photo Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku merupakan salah satu tempat wisata kuliner halal di Bali yang wajib dikunjungi bila Anda berlibur ke Ubud. Berdiri sejak tahun 1963, kuliner favorit di Bali ini punya banyak menu halal yang lezat. Kamu bisa menyantap seporsi nasi ayam lengkap dengan ayam sisit, telur, sate lilit dan lainnya sembari menikmati suasana tradisional Bali yang asri.

6. Nasi Ayam Ibu Oki

Photo Nasi Ayam Ibu Oki

Warung Nasi Ayam Ibu Oki yang berada di Nusa Dua juga wajib dikunjungi bagi penikmat wisata kuliner halal di Bali. Seporsi nasi campur dengan lauk seperti ayam goreng, ayam sisit, ayam betutu, sayuran, dan lainnya dijamin akan membuat Anda ketagihan. Anda hanya perlu merogoh kocek kisaran Rp 15.000 sampai Rp 30.000 saja lho untuk menyantap kuliner legendaris di Bali ini. Murah meriah, bukan?

7. Nasi Pedas Bu Andika

Photo Nasi Pedas Bu Andika

Terletak di Jalan Raya Kuta, salah satu kuliner wajib Bali yang halal adalah Nasi Pedas Bu Andika. Terutama untuk Anda pencinta masakan pedas, kuliner hits di Bali satu ini bisa membuat Anda susah berpaling. Sebenarnya menunya sederhana, termasuk ayam suwir, ayam goreng, lawar, kulit ayam dan lainnya, namun yang bikin berbeda adalah sambalnya yang super pedas dan nikmat. Harganya tergantung lauk yang Anda pesan, namun siap-siap antre kalau berkunjung ke rumah makan satu ini.

Itu dia beberapa tempat wisata kuliner halal di Bali yang wajib dikunjungi. Semuanya menyajikan makanan yang lezat dan suasana yang recommended banget, termasuk Ayam Betutu Ibu Nia. Jangan lupa kunjungi wisata kuliner hits yang kami rekomendasikan supaya pengalaman liburan Anda di Bali jadi lebih menyenangkan. Adakah wisata kuliner halal di Bali yang jadi favorit Anda dan keluarga di atas?

DISCLAIMER: Tempat makan tersebut di atas menawarkan menu makanan non-babi. Baca juga: Daftar Tempat Makan di Bali Bersertifikat Halal MUI. Untuk informasi lengkapnya anda bisa mengunjungi laman HalalMuiBali.or.id.

4.5/5 - (4 votes)

Artikel Terkait

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar