Daftar Rumah Makan Ayam Betutu Penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang sudah populer, dibuat dengan menggunakan resep bumbu tradisional khas Bali yang dikenal dengan nama “base genep” (bumbu lengkap), menjadikan hidangan ini kaya rasa sehingga disukai oleh warga lokal maupun wisatawan, makanan ini sudah menjadi menu andalan di Bali. Pemakaian ayam kampung dengan baluran aneka bumbu dan rempah, membuat ayam betutu bercitarasa pedas dan gurih, menjadikan ayam betutu sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di pulau dewata.

Saat ini keberadaan ayam betutu sudah menjamur di berbagai sudut kota di pulau Bali, tidak sulit kalau mau mencari hidangan yang satu ini, apalagi di daerah pariwisata, dari warung kecil sampai restoran dan hotel besar juga memiliki menu ayam betutu. Sajian ayam betutu juga sudah bervariasi sekarang, ada yang menggunakan ayam kampung, ayam broiler, ayam arab, dan ada juga yang menggunakan ayam merah atau ayam pejantan. Ada yang ayamnya dipanggang, ada juga yang di-ungkep, namun sebagian besar tetap menggunakan bumbu tradisional khas Bali yaitu base genep.

Dari sekian banyak rumah makan ayam betutu di Bali, beberapa nama yang sudah cukup terkenal diantaranya ada Ayam Betutu Gilimanuk, Ayam Betutu Liku, Ayam Betutu Ibu Nia, Ayam Betutu Bu Lina, Men Tempeh, Ibu Rai, Ibu Oki, Bu Ferdi, Ibu Wulan dan masih banyak lagi yang lainnya. Lokasi wisata kuliner ayam betutu di Kuta dan Denpasar adalah yang paling banyak dicari oleh wisatawan karena mereka biasanya menginap di sekitar Tuban Kuta dan Denpasar. Sedangkan untuk daerah asalnya, sajian ayam betutu yang paling terkenal adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk dan Ayam Betutu Gianyar.

Ayam Betutu Halal atau Haram” – kata ini cukup banyak di “search” di mesin pencari Google. Meskipun berbahan dasar ayam, bagi wisatawan khususnya wisatawan muslim, mungkin akan bingung dalam mencari ayam betutu yang terjamin kehalalannya. Ada beberapa hal yang perlu dicermati berkaitan dengan hal ini seperti pada proses penyembelihan ayam, penggunaan alat-alat untuk memasak, mengolah dan menyajikan makanan, serta penggunaan minyak, bumbu, penyedap rasa, atau saos yang mengandung unsur babi atau alkohol yang biasanya digunakan untuk memperkuat aroma dan rasa masakan, sehingga menghasilkan masakan yang lebih lezat.

Kenyataan di lapangan, banyak rumah makan ayam betutu di Bali mencantumkan tulisan halal, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Arab. Klaim halal ini juga perlu dicermati karena sedikit banyak akan menambah bingung. Agar tidak salah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, LPPOM MUI Provinsi Bali menyarankan, terutama bagi umat muslim, supaya memilih dan mengkonsumsi menu ayam betutu yang sudah mendapatkan sertifikat halal MUI, sehingga dapat terjamin kehalalan produk yang disajikan.

Mengacu pada Daftar Penerima Sertifikat Halal LPPOM MUI Prov. Bali, Periode April 2020 yang tercantum di laman situs resmi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Provinsi Bali, berikut ini adalah daftar Rumah Makan Ayam Betutu Penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali.

  1. RM Ayam Betutu Ibu Nia
    Alamat: Jl. Merdeka No.1, Renon, Denpasar, Bali
    HP/WA: 0823 3913 4073 / 0813 3830 4000
    No. Sertifikat Halal: 08160009710718
    Email: betutu[at]ibunia.com
    Website: ibunia.com
  2. RM Ayam Betutu Bu Adi
    Alamat: Selatan Terminal Lama, Ketapang – Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252
    Telepon: 0852-2385-07315
    No. Sertifikat Halal: 08160011000320

Sebelumnya, 2 rumah makan berikut ini juga tercantum sebagai Rumah Makan Penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali, namun saat tulisan ini kami posting (tgl 21 Juni 2020) kedua rumah makan tersebut tidak tercantum di laman situs MUI Bali. Kedua rumah makan tersebut adalah;

  1. RM Ayam Betutu Bu Lina
    Alamat: Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali 82252
    Telepon: 0813-3822-6621
  2. RM Ayam Betutu Bu Agung Ulan
    Alamat: Jl. Tukad Pakerisan No.99, Panjer, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80225
    Telepon: 0813-3706-6700

Sebenarnya cukup mudah untuk membedakan, rumah makan ayam betutu yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI biasanya akan memasang sertifikat tersebut di dinding rumah makan atau tempat yang gampang di lihat orang, dan juga, logo halal dari MUI itu berwarna hijau (bukan hitam dsb) dan memiliki nomor ID, seperti contoh di atas.

Anda bisa mengunjungi laman HalalMuiBali.or.id untuk info lengkap dan update terbaru tentang Daftar Rumah Makan Ayam Betutu Penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali.

Arsip Ayam Betutu

Berikan Komentar Sekaligus Beramal

Setiap komentar yang Anda berikan akan kami jadikan donasi Rp. 1.000 untuk anak-anak yatim piatu di Bali melalui Bali Caring Community (BCC).
BCC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 komentar