Daftar Ayam Betutu Penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali

5/5 - (11 votes)

Ayam betutu yang mendapatkan sertifikat halal dari MUI Bali

Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang sudah populer. Dibuat dengan menggunakan resep bumbu tradisional khas Bali yang dikenal dengan nama Base Genep (bumbu lengkap), menjadikan hidangan ini kaya rasa sehingga disukai oleh warga lokal maupun wisatawan.

Ayam betutu sudah menjadi menu andalan di beberapa tempat makan di Bali. Pemakaian ayam kampung dengan baluran aneka bumbu dan rempah, membuat ayam betutu bercitarasa pedas dan gurih, menjadikan ayam betutu sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di pulau dewata.

Daftar isi

Tempat Makan Ayam Betutu di Bali

Saat ini tempat makan ayam betutu sudah menjamur di berbagai sudut kota di pulau Bali. Tidak sulit kalau mau mencari hidangan yang satu ini, apalagi di daerah pariwisata. Dari warung kecil sampai restoran dan hotel besar juga memiliki menu ayam betutu.

Sajian ayam betutu juga sudah bervariasi sekarang, ada yang menggunakan ayam kampung, ayam broiler, ayam arab, dan ada juga yang menggunakan ayam merah atau ayam pejantan. Ada yang ayamnya dipanggang, ada juga yang di-ungkep, namun sebagian besar tetap menggunakan bumbu tradisional khas Bali yaitu base genep.

Ayam Betutu yang Enak dan Terkenal

Dari sekian banyak rumah makan ayam betutu di Bali, beberapa nama yang sudah cukup terkenal diantaranya ada Ayam Betutu Gilimanuk, Ayam Betutu Liku, Ayam Betutu Ibu Nia, Ayam Betutu Bu Lina, Men Tempeh, Ibu Rai, Ibu Oki, Bu Ferdi, Ibu Wulan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi wisata kuliner ayam betutu di Kuta dan Denpasar adalah yang paling banyak dicari oleh wisatawan karena mereka biasanya menginap di sekitar Tuban, Kuta dan Denpasar. Sedangkan untuk daerah asalnya, sajian ayam betutu yang paling terkenal adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk dan Ayam Betutu Gianyar.

PIlih yang Halal, Jangan Salah Pilih!

Apakah ayam betutu halal? Karena bukan menu babi, banyak situs yang merekomendasikan ayam betutu sebagai salah satu makanan khas Bali yang halal. Padahal pengertian halal tidak demikian.

Meskipun berbahan dasar ayam, bagi wisatawan khususnya wisatawan muslim, mungkin akan bingung dalam mencari ayam betutu yang terjamin kehalalannya.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati berkaitan dengan hal ini seperti pada proses penyembelihan ayam, penggunaan alat-alat untuk memasak, mengolah dan menyajikan makanan, serta penggunaan minyak, bumbu, penyedap rasa, atau saos yang mengandung unsur babi atau alkohol yang biasanya digunakan untuk memperkuat aroma dan rasa masakan, sehingga menghasilkan masakan yang lebih lezat.

Kenyataan di lapangan, banyak rumah makan ayam betutu di Bali mencantumkan tulisan halal, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Arab. Klaim halal ini juga perlu dicermati karena sedikit banyak akan menambah bingung.

Agar tidak salah dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, LPPOM MUI Provinsi Bali menyarankan, terutama bagi umat muslim, supaya memilih dan mengkonsumsi menu ayam betutu yang sudah mendapatkan sertifikat halal MUI, sehingga dapat terjamin kehalalan produk yang disajikan.

Ayam Betutu Bersetifikat Halal MUI Bali

Mengacu pada Daftar Penerima Ketetapan Halal LPPOM MUI Provinsi Bali, Periode Maret 2021 yang tercantum di laman situs resmi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Provinsi Bali, berikut ini adalah daftar Rumah Makan Ayam Betutu Penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali.

Daftar rumah makan ayam betutu penerima Sertifikat Halal dari MUI Bali

Ayam Betutu Ibu Nia, Satu-satunya Ayam Betutu Halal MUI di Denpasar

Ayam Betutu Ibu Nia menawarkan menu ayam betutu khas Gilimanuk yang sudah terkenal baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Merujuk pada daftar penerima Ketetapan Halal MUI Provinsi Bali periode Maret 2021, maka bisa disimpulkan bahwa Ayam Betutu Ibu Nia adalah satu-satunya ayam betutu halal di Denpasar Bali.

Ciri khas Ayam Betutu Ibu Nia:

  • Menggunakan “bumbu genep” – bumbu khas Bali yang berlimpah
  • Menggunakan minyak tanusan/minyak kelapa, bukan kelapa sawit
  • Rasa pedas dari cabe dan bumbu rempah, bukan merica
  • Tersedia 3 jenis sambal khas Bali yaitu sambal terasi, sambal matah, dan sambal embe. Untuk santap di tempat bisa ambil sambal sendiri sepuasnya.
  • Enak, halal dan higenis, sudah tersertifikasi, hanya menggunakan bahan-bahan segar berkualitas.

Kontak:

Di bawah ini adalah dokumen halal yang dimiliki oleh Ayam Betutu Ibu Nia.

Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI 2020 – 2024

Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI 2020 – 2024

Surat Ketetapan Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali 2020 – 2022

Surat Ketetapan Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali 2020 – 2022

Logo Halal No. 08160009710718

Logo Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI

Yang Mau Nyebrang ke Jawa Bisa Mampir Dulu di Ayam Betutu Bu Adi Gilimanuk

Ayam Betutu Bu Adi lokasinya dekat dengan pelabuhan Gilimanuk. Persis sebelum masuk ke area pelabuhan, anda akan menemukan tempatnya di kiri jalan (kalau dari arah Denpasar) atau di kanan jalan (kalau anda dari arah pelabuhan Gilimanuk).

Apa yang spesial? yang spesial di sini adalah sambel terasinya, pedesnya nendang dan bumbu ayam betutunya pas banget… pokoknya enak deh! Untuk 1 porsi menu ayam betutu harganya 70 ribu rupiah dengan isi ayam 1 ekor, nasi 1 bakul, kacang 1 piring dan lalapan.

Anda yang mau nyebrang ke Jawa, sebelum masuk ke area Pelabuhan Gilimanuk silahkan mampir dulu di Ayam Betutu Bu Adi. Karena jika merujuk pada daftar Penerima Ketetapan Halal MUI Provinsi Bali periode Maret 2021, Ayam Betutu Bu Adi juga satu-satunya ayam betutu halal di Gilimanuk Bali.

Kontak:

Dari daftar penerima Ketetapan Halal MUI Provinsi Bali priode Maret 2021, hanya ada 2 rumah makan ayam betutu yang terlisting yaitu; Ayam Betutu Ibu Nia dan Ayam Betutu Bu Adi tersebut di atas.

Untuk informasi tempat makan ayam betutu lainnya bisa baca: Rekomendasi kuliner ayam betutu di Bali yang enak dan terkenal.

Atau jika anda mencari makanan halal MUI di seluruh Bali, bisa baca: Tempat makan enak dan halal di Bali yang wajib dikunjungi.

Kesimpulan

Agar lebih yakin, anda bisa cek sendiri Daftar Penerima Ketetapan Halal MUI Provinsi Bali di laman situs resmi MUI Bali HalalMuiBali.or.id. Informasinya cukup jelas dan mudah dipahami.

Sebenarnya juga cukup mudah untuk membedakan. Rumah makan ayam betutu yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI biasanya akan memasang sertifikat tersebut di dinding rumah makan atau di tempat yang gampang di lihat orang, dan juga, logo halal dari MUI itu berwarna hijau (bukan hitam).

DISCLAIMER: informasi tersebut di atas adalah Daftar Penerima Ketetapan Halal LPPOM MUI Prov. Bali Periode Maret 2021 yang kami sunting dari situs resmi LPPOM MUI Provinsi Bali. Pada saat anda membaca tulisan ini, informasi tersebut mungkin saja sudah berubah. Untuk informasi terkini silahkan anda mengunjungi laman HalalMuiBali.or.id. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja dalam tulisan ini.

Yuk Kasi Masukan

Ayo berkontribusi untuk membangun konten yang berkualitas sehingga bermanfaat bagi banyak orang.

  • Jika anda pernah makan di salah satu tempat makan ayam betutu tersebut di atas, mohon share pengalaman anda itu dengan kami.
  • Jika anda tahu tempat makan ayam betutu halal MUI yang belum tercantum di sini, bisa info kami Nama dan Alamat rumah makan tersebut dengan mengisi form komentar di bawah ini – kami akan menambahkannya untuk anda.
  • Dan jika informasi tersebut di atas ada yang tidak benar – mohon dikoreksi.

Dengan demikian anda telah membantu banyak orang untuk menemukan tempat makan ayam betutu halal di Bali.

5/5 - (11 votes)

Artikel Terkait

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 komentar